Mebel Jepara
082227703040 082227703040 MEBELJPR stockmeubel11@gmail.com

( pcs)
GambarBarangjmlBeratTotal
keranjang belanja anda kosong
00,00Rp 0
TOKO MEBEL DAN FURNITURE JEPARA MURAH BERKUALITAS

Mebel Ukir Jepara

Tentang Mebel Ukir Jepara Lebih Detail Sebelum Kamu Membelinya

Kursi Tamu Piala Kayu Jati

 

Kota Jepara sudah terkenal dengan berbagai produk mebel dan ukiran yang terkemuka di Indonesia. Mebel Ukir sudah ada sejak masa Ratu Kalinyamat (1521-1546), Ratu memiliki seorang anak perempuan bernama Retno Kencono yang memiliki peran besar terhadap perkembangan seni ukir. Bahkan pada masa itu Ratu sudah membangun Masjid Mantingan menggunakan teknik ukiran untuk memperindahnya. Sejalan kemudian pada masa itu terdapat kelompok ukir yang mengembangkan bakat dan mengajari tetangga sekitar sehingga jumlah pengukir bertambah banyak. Dan kemudian pembuatan mebel ukir jepara berkembang lebih luas di era Kartini.

Sebenarnya kegiatan mebel jepara ukir sendiri sudah lama ada bahkan sebelum bangsa Indonesia dinyatakan merdeka. Para saudagar-saudagar India, China dan Arab sering bersinggah ke kota Jepara untuk menjual barang dagangan mereka agar bisa dibarter dengan rempah-rempah dari masyarakat kota Jepara. Mereka tertarik pada hasil ukiran seniman kota Jepara di atas kayu dan berniat membelinya dengan harga yang cukup mahal pada masa itu. Hal inilah yang menyebabkan berkembang luasnya ukiran pada kayu atau sekarang lebih dikenal sebagai mebel ukiran Jepara.  Melihat sejarahnya, pantaslah jika kota dengan luas 1.004,132 km2 ini di juluki sebagai kota ukir. Masyarakat kota Jepara juga terkenal akan keuletan dan keahliannya dalam berkreasi sebagai seniman. Kegiatan mebel ukiran Jepara meliputi pembuatan perabotan rumah tangga seperti kursi, lemari, meja dan masih banyak lainnya.  Hingga saat ini di kota Jepara pembuatan mebel dan ukiran merupakan bagian dari budaya, ekonomi, dan seni yang sudah melekat dari sejara awal dan mendarah daging.

Lemari Pakaian Gebyok Ukir Jepara

Salah satu ciri khas mebel ukir jepara yang membuatnya mudah dikenali oleh setiap kalangan adalah memiliki ukiran dengan corak yang unik dan terdapat nilai sejarah.  Setiap ukiran yang terdapat pada mebel ukir jati jepara memiliki makna khusus sehingga membuatnya terlihat begitu mewah dan memberikan daya tarik tersendiri. Dengan ukiran yang indah pada bagian-bagian furniturenya membuat mebel jati ukir jepara juga memiliki nilai seni yang tinggi. Berbagai macam bentuk motif ukir pada mebel jepara juga membuat konsumen lebih mudah untuk menentukan sesuai kebutuhan mereka. Mebel ukir Jepara sangat diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia maupun global.

Set Kursi Makan Manohara Ukir Jepara

Sebagian besar bahan baku yang digunakan untuk pembuatan mebel ukir jepara berasal dari kayu jati. Kayu jati terkenal dengan tekstur dan corak kayu yang sangat alami sehingga ukiran dapat menyatu secara alami. Namun demikian, saat ini para pengrajin juga menggunakan beberapa bahan baku lain yang tekstur dan kualitasnya tidak kalah dari kayu jati. Hasil pembuatan mebel ukiran jepara pun tetap terlihat mewah dan bernilai seni tinggi. Memilih mebel ukiran jepara sebagai furniture rumah Anda adalah pilihan yang tepat untuk jangka panjang.

Set Meja Makan Ukir Byur

Menurut beberapa sumber majalah furniture, saat ini mebel ukir jepara di kategorikan menjadi 3 jenis. Yaitu mebel ukir jepara modern, mebel ukir jepara lokal dan mebel ukir jepara klasik. Mebel ukir jepara modern merupakan mebel jepara yang bentuk dan motifnya selalu mengikuti perkembangan jaman saat ini dan sedang laris dipasaran. Yang menjadi ciri khas dari mebel ukir jepara modern adalah simple, elegan dan memberikan sedikit corak ukiran pada bagian furniture. Konsep mebel modern mulai ada pada tahun 1920 dan baru popular pada tahun 1990 an. Dari segi harga, mebel ukir jepara modern memiliki harga cukup terjangkau karena konsep utamanya yang menggunakan bahan baku lebih murah dan simple. Pada proses pembuatan model ukir jepara modern pengrajin lebih banyak mengutamakan natural serat kayu jati saat finishing.

Lemari Hias Manohara Krawang Terbaru

Berbeda dengan mebel ukir jepara modern, pada jenis mebel ukir jepara lokal sangat mengutamakan ukiran dengan nuansa pahatan khas kota jepara. Beberapa motif ukir yang menjadi ciri khas mebel ukir jepara lokal adalah motif ukir daun, motif ukir kembang, motif ukir naga dan motif ukir yang bernuansa hindu budha. Mebel ukir jepara lokal dibuat khusus oleh pengrajin dari kota Jepara yang ilmunya merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang. Dari segi harga, untuk mebel ukir jepara lokal harganya lebih tinggi dibandingkan mebel ukir jepara modern karena proses pembuatannya membutuhkan waktu lebih lama dan lebih detail pada setiap ukiran. Penikmat mebel ukir jepara lokal saat ini mayoritas berasal dari daerah sumatera, kalimantan, jawa, bali, sulawesi dan papua.

Bufet Pendek Biola Ukir Jepara

Bagaimana dengan mebel ukir jepara klasik? Mebel ukir jepara klasik memiliki ciri khas dengan bentuk bernuansa budaya eropa. Mebel klasik bernuansa eropa ini merupakan peninggalan para penjajah pada jaman dahulu. Pada masa itu kaum eropa elit yang tinggal di Indonesia sering menggunakan jenis mebel klasik atau mebel antik ini. Mebel klasik yang dipadukan dengan ukiran jepara membuatnya memiliki nilai seni sangat tinggi sehingga harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis furniture lain. Jenis mebel ukir jepara klasik sangat diminati oleh pemburu barang antik. Biasanya para pemburu barang antik ini sengaja datang langsung ke Jepara dengan menunjukkan foto agar para pengrajin bisa membuat sesuai keinginannya.

Demikian beberapa pandangan dan wawasan yang mungkin perlu kamu ketahui tentang mebel ukir jepara. Semoga beberapa ilmu dan wawasan tentang mebel jepara dalam artikel ini dapat membantu kamu untuk menentukan dan memilih model mebel jepara yang sesuai dengan budget dan hunian rumah anda.

Hubungi Kami

082227703040
MEBELJPR
082227703040
stockmeubel11@gmail.com
082227703040
MEBELJPR
082227703040
stockmeubel11@gmail.com